Ternyata untuk menjadi sorang Fotografer terkenal dan dilihat dunia tidak hanya sekedar dari lamanya pengalaman dan professionalisme nya saja. Namun justru yang sangat menentukan adalah hasil karya fotonya itu sendiri. Seberapa besar nilai karya fotonya dari berbagai segi akan sangat dinilai dan dilihat dunia.

Secara umum fofografer tingkat dunia sangat low profile dan enggan menampakkan wajah mereka kedepan publik hingga terkesan misterius. Keahlian mereka dalam mengambil momen dan objek foto yang aneh dan ganjil, kejadian alam yang menankjubkan dan berlangsung sangat singkat yang sangat sulit untuk dikuasai. Terkadang mereka hanya mencantumkan huruf "A" saja pada karya foto mereka. Bagi mereka berlaku istlah/slogan "Sebuah foto berbicara ribuan kata - kata".
Beriku adalah beberapa fotografer yang sangat terkenal dan sekarang menjadi legenda didunia, sebagai berikut :

1. Robert Capa


Robert Capa terlahi sebagai Endre Erno Friedmann (22 Oktober 1913 - 25 Mei 1954). Pada awalnya ia bercita - cita ingin menjadi seorang penulis, namun di Berlin justru Capa mendapatkan pekerjaan dibidang seni fotografi yang sangat ia cintai hingga akhir hayatnya. Ketika muncul Nazisme pada tahun 1933 terpaksa Capa harus meninggalkan Jerman dan menetap di Prancis. Karya foto pertama Capa adalah foto Leon Trotsky saat sedang berpidato pada "The Meaning Of The Russian revolution" pada tahun 1932. Dan karya foto itulah yang membuat Capa menjadi terkenal diseluruh dunia.

2. Carol Guzy


Carol Guzy lahir pada tahun 1956 yang merupakan seorang fotografer pemenang "Pulitzer Prize" dan seorang jurnalis Amerika yang paling terkenal sepanjang masa. Dalam memotret, Guzi lebih fokus pada Feeling Shot ketimbang hasil fotonya. Melalui lensa kameranya , Guzy  telah menelusuri sudut- sudut tergelap dari eksistensi/keberadaan manusia dan berharap dapat memberikan pemahaman diantara orang - orang diseluruh bagian dunia. Selama bertahun - tahun ia telah membuat dunia melihat para pengungsi di Kosovo, kelaparan di Ethiopia, kerusuhan sipil di haiti, Jatuhnya tembok Berlin dan tragedi Badai Andrew di selatan pantai Florida.

3. James Nachtwey


James Nachtwey lahir pada tahun 1984 di Syracuse. ia terjun kedunia Fotografi akibat pengaruh dari "Citra Pernag Vietnam dan Gerakan Hak Sipil Amerika". Pada tahun 1976 ia memulai memotret untuk surat kabar kecil di new Mexico. dia mendokumentasikan berbagai konflik bersenjata dan isu - isu sosial. Dia telah mengelilingi Afrika Selatan, Amerika Latin, Timur tengah, Rusia, Eropa timur, Uni Soviet, Eropa Barat dan Amerika Serikat guna memotret berbagai momen yang ada. Dia melalukan serangkaian foto pada kejadian serangan 11 September dan juga ketika tentara Amerika Serikat berperang ke Irak. Dia terluka di Irak ketika sebuah bom meledak di kendaraan yang ia tumpangi. Setelah pulih iapun pergi ke Asia untuk melakukan serngkaian pemotretan luar biasa pada kejadian bencana Tsunami 26 Desember 2004 yang lalu.Ia juga telah dikontrak oleh majalah Time sejak tahun 1984.

4. Steve McCurry


Dan tentu saja gadis afghan, gambar ditembak oleh fotografer National Geographic Steve McCurry.
Sorbet Gula adalah salah satu siswa di sebuah sekolah informal di dalam kamp pengungsi; McCurry, jarang diberi kesempatan untuk foto wanita Afghan, menangkap peluang dan ditangkap citranya.
Di sekitar 12 tahun pada saat itu. Fotonya berhasil menjadi sampul national gographic , dan identitasnya ditemukan pada tahun 1992.


5.Frank Fournier



Ia lahir pada tahun 1948 di Saint - Server, Perancis. Ia meruakan putra dari seorang ahli bedah. Ia melakukan penelitian selama 4 tahun penuh sebelum memulai karirnya dibidang fotografi pada tahun 1975 di New York City. Dia untuk pertama kalinya bergabung dengan staff kantor Contact Press Images pada tahun 1977 sebagai seorang fotografer pada tahun 1982. Dia merupakan pemenang foto "The Agony Of Omayra Shancez". pada saat foto yang terkenal itu diambil, dunia sudah terpana dengan kejadian tersebut. Omayra Sánchez adalah salah satu dari 25.000 korban Nevado del Ruiz (Colombia) gunung berapi yang meletus pada tanggal 14 November 1985. 13-tahun telah terperangkap dalam air dan beton selama 3 hari. Foto itu diambil tidak lama sebelum dia meninggal dan menimbulkan kontroversi karena pekerjaan fotografer dan kelambanan pemerintah Kolombia di tengah-tengah tragedi itu, ketika diterbitkan di seluruh dunia setelah kematian gadis itu.


6. Kevin Carter



Kevin Carter lahir pada tahun 1961 dan wafat pada tahun 1994. Ia merupakan seorang pemenang South Africa Putlitzer Prize. dan setelah menajdi pemenang ia menghabiskan waktunya selama berbulan - bulan sendirian untuk membuat fitur fotografi kelaparan di sudan yang sangat mengerikan. Foto yang paling heboh yang pernah ia ambil adalah ketika seorang anak menuju kamp makanan karena kelaparan. Yang mana kamp tersebut berkilo - kilo meter jauhnya.
pada saat itu burung bangkai sedang menunggu anak itu mati sehingga burung tersebut bisa memakannya. Foto ini mengejutkan seluruh dunia. Tak seorang pun tahu apa yang terjadi kepada anak itu , termasuk fotografer Kevin Carter yang meninggalkan tempat itu begitu foto diambil.
Tiga bulan kemudian dia bunuh diri karena depresi.

7. Philippe Halsman


Philippe Halsman (1906 - 1979) lahir di Riga, Latvia. Dia belajar teknik di Dresden sebelum pindah ke Paris, dimana ia mendirikan sebuah studio fotografi-nya pada tahun 1932. Karya - karya fotonya tentang aktor dan para penulis bermunculan di sampul - sampul buku dan majalah. Salah satu karya fotonya adalah foto diri dari ilmuwan terkenal Albert Einsten.

8. Charles O'Rear


Charles O'Rear lahir pada tahun 1941 adalah seorang fotografer Amerika yang terkenal karena foto - fotonya tentang negara produsen anggur dan foto yang berjudul Bliss yang digunakan sebagai Wallpaper Standar pada Windows XP.

Demikian beberapa nama dari fotografer yang sudah sangat terkenal didunia. Semoga srtikel yang saya bagikan bermanfaat, terima kasih...

0 komentar:

Posting Komentar